CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 17 Agustus 2010

Diary Sang Guru : Episode 2

Saya agak free hari ini. Maklum, ada acara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 63, sehingga saya tidak mengajar. Saya jadi bisa mengerjakan pekerjaan lain.
Sekali-kali saya menyempatkan diri melihat kegiatan murid-murid yang sedang berlomba. Ada lomba kebersihan kelas, lomba makan kerupuk, Lomba ambil uang logam yang diselipkan di buah semangka yang sudah diberi warna hitam. Entah apa itu, sepertinya sih arang yang dihaluskan. Dan ada lomba-lomba lain.

Kadang saya agak tidak mengerti, apa hubungannya sih lomba makan kerupuk dengan kemerdekaan ? Atau lomba panjat pinang dengan kemerdekaan ?
Kemarin saya melihat acara di televisi tentang kemerdekaan ini. Ada reportase tentang arti kemerdekaan dan nasionalisme, kemudian salah satu artis menjawab atas pertanyaan tersebut, katanya: saya mencintai negara saya. saya sudah hafal pancasila dan kelima silanya. Saya ikut upacara bendera di sekolah, begitu jawab seorang siswa.
Dahi saya sempat mengerut. Betapa dangkalnya arti kemerdekaan bagi generasi muda jaman sekarang. Tak ada sedikitpun empati atas perjuangan para pejuang kita dahulu. Coba saja bayangkan peredaran narkoba yang luar biasa. Kalau saja para pejuang itu tahu akan seperti sekarang jadinya Indonesia, jangan-jangan mereka akan membiarkan Indonesia tetap dijajah.

Kembali ke lomba makan kerupuk dan sejenisnya, saya menduga, awalnya yang diinginkan dari lomba ini adalah rasa 'perjuangan' untuk meraih sesuatu. Rasakanlah bagaimana para pejuang 'berjuang' merebut kemerdekaan. Setelah itu, rasa'bahagia' pasti akan tercapai ketika lomba berlangsung. Ada hiburan, bagaimana kerupuk itu akan melompat ke sana kemari ditarik oleh sang pelomba. Pemain dan penonton sama-sama bahagia.
Untuk lomba-lomba yang beregu, tentunya rasa kebersamaan diharapkan terjalin.
Secara, ternyata memang banyak filosofinya yang bisa kita ambil dari lomba-lomba ini, dan 'rasa-rasa' itulah yang selayaknya kita persembahkan dalam perjuangan kita sekarang mengisi kemerdekaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan pesan ..