CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 17 November 2011

Tentang Masa Depan

 Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia (lagu Nidji)

Pelajaran Leadership kali ini sharing tentang cita-cita. Kenapa itu menjadi penting ? Coba bapak ibu tanya sama siswa, separuh dari mereka bingung tentang masa depan mereka. Banyak dari mereka berkata, gimana nanti, bukan nanti gimana. Mereka tidak tahu ingin menjadi apa. Ini jelas berbahaya.

Jadilah, saya ajarkan mereka bermimpi. Ibarat sebuah lagu, mimpi adalah kunci, untuk kita menaklukkan dunia. Di usia SMA, minimal mereka harus sudah mempunyai gambaran akan masa depan mereka, karena di usia ini mereka sudah mampu membedakan banyak profesi. Mereka menemukan variasi pekerjaan yang menarik.
Ajaklah sekali-kali mereka untuk melihat apa pekerjaan orang tuanya mengasikkan, melelahkan, menantang, menghasilkan banyak uang, atau membanggakan ? atau profesi yang lain yang bisa menyalurkan hobby seperti penyanyi atau atlit?
Atau bagaimanakah kakakmu kuliah di jurusan kedokteran? Apakah asyik saudaramu kuliah di metalurgi ? membahas apa saja di sana ? dan sebagainya....
Biarkan mereka mengeksplore banyak profesi. Biarkan mereka memilih, akan seperti apa mereka. Ajarkan mereka bermimpi dan ingatkan mereka bahwa terwujudnya mimpi adalah dengan kesungguhan, kemampuan, dan doa,

(Ternyata tugas mengenalkan profesi dan masa depan mengasyikkan juga. Inilah tugas seorang  guru, mudah-mudahan ada juga yang ingin dengan kesadaran menjadi guru).

Untuk mengabadikan kegiatan siswa kali ini, mereka saya beri tugas menuliskan sebanyak-banyaknya harapan mereka dalam sebuah kertas berwarna-warni. Kemudian mereka bawa pulang. Pasang di dinding kamar. Terlihat setiap hari, mudah-mudahan menjadi pemacu diri mengejar mimpi. Semoga, jika suatu ketika galau. harapan-harapan ini akan kembali menuntun mereka meraih masa depan.
Suatu ketika orang tua akan melihat, saya yakin dalam hatinya mereka akan mengamini doa anakknya.
Semoga terwujud...

Terinspirasi tanabata, saya meminta siswa menuliskan sebuah cita-cita yang paling mereka harapkan terwujud, dan memasangnya di dalam pohon harapan.


jangan lupa juga ajak siswa menyaksikan video motivasi ini :




2 komentar:

Anonim mengatakan...

judulnya terdengar amat sangat akrab di telinga ti :) i'm sure ibuku yang satu ini bakalan jadi penulis yang hebat, love u buuuu {}

mugirahayu mengatakan...

alhamdulillah... asik lagi..

Poskan Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan pesan ..