CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 02 Desember 2010

Laporan Wawancara Claudea Irene

PERGAULAN REMAJA SMA
 
Pada zaman sekarang ini pergaulan antar remaja SMA sangatlah dikhawatirkan, banyak yang bilang bila pergaulan remaja SMA saat ini sangat jauh berubah dibandingkan pada masa-masa sepuluh tahun yang silam.
 
Nunung Nuraida, SS seorang staf pengajar SMA menyoroti kejadian pergaulan remaja SMA pada saat ini adalah sangat memprihatinkan. Menurut saya sebagian besar anak remaja SMA sekarang ini jauh dari norma-norma agama dan kesopanan yaitu tidak adanya lagi batasan antara perempuan antara laki-laki. Contoh-contoh sikap pergaulan SMA pada saat ini yang melanggar norma seperti duduk berdekatan, naik motor berboncengan, dan mengobrol dengan berteriak-teriak.
 
Baginya, seseorang remaja yang dalam pergaulannya masih mengenal batas-batas norma dan kesopanan rata-rata adalah seorang yang memiliki sifat pendiam. Karena jika dia seorang yang pendiam maka dia jarang berinteraksi dengan teman-temannya. Teman adalah salah satu faktor yang mempengaruhi setiap pergaulan seseorang. Faktor kedua merupakan bagian dari apa yang remaja lihat dan membawa pengaruh tersebut kepada diri mereka sendiri. Faktor ketiga adalah orang tua, disini pengaruh orang tua pun besar yaitu dimana sang orang tua apakah membebaskan anaknya dalam bergaul atau tidak.
 
Seorang remaja yang bersifat positif  sangat bisa terbawa sifat remaja yang negative hal tersebut tergantung pada keadaan emosi seseorang dan juga sebaliknya seorang remaja yang bersifat negative bisa terbawa sifat remaja yang positive, jadi keduanya saling mempengaruhi satu sama lain maka “ carilah teman-teman yang bisa membawa kamu ke arah yang positif ”
 
Dan sarana utama pergaulan itu adalah lingkungannya, banyak yang berpendapat bahwa sekolah adalah sarana utama. Betul bila sekolah adalah salah satu sarana penyebaran pergaulan akan tetapi, sesungguhnya pergaulan itu terjadi sebenarnya dikarenakan remaja itu sendiri memperoleh informasi-informasi dari TV, Internet, Handphone, Buku, Majalah dan media lain-lainnya.
 
Menurut beliau upaya yang dilakukan untuk remaja yang bersifat positif agar tidak bertindak negativ adalah dengan menegurnya dengan memberi sindiran-sindiran halus kemudian menuju sindiran kasar. Jadi tips beliau agar pergaulan antar remaja sekarang tidak separah ini adalah banyak-banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghindari dugem, dan melihat infotainment.


0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah meninggalkan pesan ..